Tuesday, March 22, 2011

MySQL Wiki @ PHI-Integration.com

Berawal dari kesulitan menemukan contoh yang baik dan sangat spesifik terhadap optimasi MySQL sebagai salah satu platform data warehouse yang kami gunakan, maka terbersit untuk membagi technical knowledge dari MySQL dalam bentuk situs web.

Untuk itulah, situs ttp://mysql.phi-integration.com kami lengkapi dengan serius. Dan dalam waktu singkat, cukup banyak yang meresponnya dengan baik. Dalam hal ini berbagai masukan untuk meningkatkan mutu situs, diantaranya adalah  memberikan contoh yang lebih komprehensif untuk tiap artikel.



Dan terhadap masukan demikian, kami secara gradual akan mengisi setiap artikel baik yang sudah ada maupun yang akan kami sajikan dengan contoh-contoh yang sederhana tapi kena sasaran.

Buat Anda yang belum pernah mengunjungi situs tersebut kenapa tidak "mengintip" sebentar dan memberikan sedikit komentar ?

Semoga bisa bermanfaat.

Salam,

Feris

Business Intelligence dengan MySQL

Apakah kita bisa menggunakan fitur BI dengan MySQL ? Beberapa pertanyaan ini saya temukan pada saat googling.

Tentunya sebagai aplikasi database management system (DBMS), MySQL memiliki basis yang sangat baik sebagai platform business intelligence. Namun fitur BI sangat luas sehingga jika fitur tersebut dimasukkan secara internal ke dalam MySQL akan sangat overkill dan tidak mencapai fungsi utamanya - sebagai storage dengan busines rule yang handal dalam menangani data entry (transactional system).

Tapi jika Anda memang pecinta teknologi open source seperti MySQL, maka solusi Business Intelligence (BI) yang dapat bekerja baik dan juga bersifat open source tersedia cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah :
  • Pentaho
  • Jaspersoft
  • Spago BI

Anda tertarik untuk memperdalam aplikasi BI tersebut ? Saat ini untuk Pentaho, silahkan kunjungi halaman wiki kami di http://pentaho.phi-integration.com atau Anda mengikuti training kami dimana praktek data warehouse semua dilakukan di atas MySQL.


Semoga bermanfaat.

Feris

Pentaho dan SAP

Beberapa bulan yang lalu saat kita mengadakan workshop mengenai data warehouse banyak sekali peserta yang  menanyakan apakah Pentaho Data Integration (PDI) dapat mengambil data dari SAP atau database SAP ? Jawabannya adalah bisa !

Dengan pengalaman project dan POC berhadapan dengan sistem SAP, maka kita dapat mengkonfirmasikan hal tersebut.

Berikut adalah contoh gambaran flow pada PDI versi 4 untuk penarikan data SAP dengan metode Remote Function Call (RFC). Dari POC kami, performa berhasil ditingkatkan ketika kita melakukan tuning diantara kedua titik (Pentaho Data Integration maupun parameter di RFC SAP).


Lalu dengan adanya banyak library RFC seperti dari PHP, apa keunggulan PDI dibanding lainnya ?

Saat ini, kita bisa mengklaim bahwa PDI atau dikenal juga dengan Kettle adalah salah satu aplikasi ETL terbaik di pasaran saat ini. 

Dengan fitur yang sangat kaya dengan transformasi data, multi pipelining maupun adaptasi terhadap multi platform dengan berbagai konfigurasi maka batch proses pengambilan, pengolahan dan pembersihan data yang melibatkan data SAP akan sangat terbantu dibandingkan platform teknologi yang dirancang transaksional seperti PHP.

Bagi rekan-rekan yang mengalami masalah integrasi data lokal dan SAP, sekarang Anda memiliki solusi yang reliable dan very cost efficient !

Salam,


Feris