Tuesday, March 22, 2011

Pentaho dan SAP

Beberapa bulan yang lalu saat kita mengadakan workshop mengenai data warehouse banyak sekali peserta yang  menanyakan apakah Pentaho Data Integration (PDI) dapat mengambil data dari SAP atau database SAP ? Jawabannya adalah bisa !

Dengan pengalaman project dan POC berhadapan dengan sistem SAP, maka kita dapat mengkonfirmasikan hal tersebut.

Berikut adalah contoh gambaran flow pada PDI versi 4 untuk penarikan data SAP dengan metode Remote Function Call (RFC). Dari POC kami, performa berhasil ditingkatkan ketika kita melakukan tuning diantara kedua titik (Pentaho Data Integration maupun parameter di RFC SAP).


Lalu dengan adanya banyak library RFC seperti dari PHP, apa keunggulan PDI dibanding lainnya ?

Saat ini, kita bisa mengklaim bahwa PDI atau dikenal juga dengan Kettle adalah salah satu aplikasi ETL terbaik di pasaran saat ini. 

Dengan fitur yang sangat kaya dengan transformasi data, multi pipelining maupun adaptasi terhadap multi platform dengan berbagai konfigurasi maka batch proses pengambilan, pengolahan dan pembersihan data yang melibatkan data SAP akan sangat terbantu dibandingkan platform teknologi yang dirancang transaksional seperti PHP.

Bagi rekan-rekan yang mengalami masalah integrasi data lokal dan SAP, sekarang Anda memiliki solusi yang reliable dan very cost efficient !

Salam,


Feris

No comments: