Saturday, August 7, 2010

Forum Bahasa Indonesia @ Pentaho

Forum di Pentaho merupakan media diskusi utama bagi komunitas Pentaho di seluruh dunia. Tidak adanya milis (mailing list) dari Pentaho dapat dimaklumi karena aplikasi web forum ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
  • Privasi dimana email bisa disembunyikan dan cukup menggunakan ID member di forum.
  • Setiap posting tidak langsung di-email. Ini menguntungkan karena dengan makin besarnya anggota komunitas pasti akan mengakibatkan naiknya jumlah posting per hari. Ini tentunya tidak akan membanjiri inbox dan mengganggu kita sebagai member.
  • Search engine friendly.
  • Memiliki tampilan HTML yang lebih baik dibandingkan layanan seperti Yahoogroup maupun Googlegroups.

Dengan melihat beberapa keunggulan ini ditambah cukup banyaknya aktivitas poster asal Indonesia, maka dengan dukungan dari Doug Moran - pendiri dan vice president untuk hubungan komunitas Pentaho  - per hari ini kita sudah mendapatkan forum khusus Bahasa Indonesia (bagian International). Terima kasih Doug !



Alamat URL lengkap untuk forum tersebut adalah sebagai berikut :
http://forums.pentaho.com/forumdisplay.php?303-Bahasa-Indonesia-(Indonesian)

Dengan demikian forum ini akan melengkapi milis Pentaho User Group Indonesia yang telah ada, yaitu http://groups.google.com/group/pentaho-id.  Ini sekaligus juga merupakan pengganti forum diskusi web di Ning yang sudah tidak kami perpanjang hostingnya.

Semoga dengan adanya kedua jenis media ini dapat dimanfaatkan secara maksimal pengguna Pentaho yang berbahasa Indonesia, sehingga implementasi Pentaho dapat berjalan dengan sukses dan bermanfaat bagi pribadi, karir, dan institusi/organisasi/perusahaan Anda masing-masing.


No comments: