Saturday, August 2, 2008

SampleData.org

Sering sekali dalam keterlibatan kita menangani suatu proyek pembuatan sistem atau aplikasi perangkat lunak, maka hal yang sangat membantu adalah ketersediaan contoh data dalam jumlah yang cukup banyak. Contoh data tersebut bisa dalam bentuk cetakan laporan, formulir yang telah terisi, file spreadsheet, legacy data dan sebagainya.

Begitu juga pada saat kita mempelajari suatu sistem penyimpanan data atau database system seperti Microsoft SQL Server, Microsoft Access, MySQL, Oracle, DB2, dan berbagai produk lainnya. Kumpulan contoh data yang baik akan sangat membantu kita dalam memahami cara kerja sistem dan berbagai proses bisnis seperti manajemen pemesanan, penjualan, personalia, persediaan barang, dan sebagainya.

Dan beruntung juga untuk kita karena biasanya berbagai sistem database yang telah disebutkan sebelumnya datang dengan berbagai contoh data. Beberapa yang terkenal diantaranya seperti database Northwind dari Microsoft yang tersedia untuk Microsoft Access dan SQL Server, Adventure Works untuk produk SQL Server, Foodmart untuk produk SQL Server dan Microsoft Analysis Server, Sakila untuk MySQL, dan sebagainya.

Namun sebagai implementor dari beberapa produk business intelligence atau data management, pada saat presentasi ke client atau pun pada saat ingin transfer knowledge kita sering sekali membutuhkan berbagai contoh kasus data yang agak sulit untuk diambil dari contoh-contoh data yang telah disebutkan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya beberapa kali harus merancang dan megenerasi sendiri contoh data dengan menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel dan OpenOffice Calc. Atau juga dengan menggunakan kode program khusus yang dibuat sendiri.

Dan ini membuat saya berpikir bahwa kasus yang dihadapi oleh kami (PHI-Integration) pastilah tidak unik. Apalagi oleh vendor atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi ataupun dosen dan mahasiswa jurusan ilmu komputer.

Hal ini mendorong saya untuk berinisiatif memulai proyek pembuatan berbagai contoh data dengan model kolaborasi. Hasil dari proyek ini bisa berupa contoh data dengan lisensi open source maupun proprietary - gratis maupun berbayar.

Proyek tersebut kami namakan sama dengan nama domain dari proyek tersebut, yaitu SampleData.org.

Adapun visi dan misi dari proyek tersebut cukup sederhana, yakni menyediakan ketersediaan contoh data dengan berbagai format data sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk penggunaan seluas-luasnya.

Hal ini mudah-mudahan dapat menimbulkan efek jangka panjang bahwa dengan contoh data yang melimpah dan berdasarkan best practice dari para kolaboratornya akan menelurkan banyak aplikasi yang baik terutama bagi pengembang aplikasi tingkat pemula.

Untuk Anda yang berminat untuk kolaborasi di proyek ini, silahkan mengunjungi situs proyek ini di sampledata.org atau turut berdiskusi di grup sample-data dengan mengirimkan email ke sample-data-subscribe@googlegroups.com.

Salam,

Feris Thia

No comments: